10 Daya Pikat Pegawai Negeri Sipil (PNS)

shares

Daya Pikat Pegawai Negeri Sipil (PNS)
Puluhan ribuan orang setiap tahunnya berebut untuk melamar menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) dari berbagai Kementerian/Lembaga Negara. Bahkan tak sedikit diantaranya yang tertipu bujuk rayu oleh orang yang mengaku mampu memasukkan mereka menjadi PNS dengan imbalan uang puluhan bahklan ratusan juta rupiah.

Daya pikat menjadi PNS untuk akhir-akhir ini memang sangat menggiurkan banyak orang. apalagi saat ini untuk mendapatkan pekerjaan cukup sulit karena mempunyai saingan yang cukup banyak. Selain itu, kualifikasi sebuah pekerjaan yang tergolong tinggi membuat beberapa orang menciut nyalinya sebelum mencoba. Tak hanya itu saja, meski dengan deretan gelar yang sudah ada pada seseorang, nilai pendidikan yang tinggi, dan pendidikan yang mapan, faktor keberuntungan juga menjadi penentu bagi seseorang untuk mendapatkan suatu pekerjaan.

Meski tergolong sulit, untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari dan tanggung jawab yang besar bagi mereka sebagai kepala keluarga, tentu akan mencari segala cara untuk mendapatkan pekerjaan. Diantara banyaknya profesi yang ada di Indonesia, PNS (Pegawai Negeri Sipil) menjadi salah satu terfavorit bagi rakyat Indonesia.

Menjadi seorang PNS tidaklah mudah, saingan yang cukup banyak dan posisi pekerjaan yang ditawarkan juga sedikit menjadi sebuah dilema bagi para pencari kerja untuk mendapatkannya, bahkan kabarnya ada juga yang rela membayar ratusan juta untuk menyandang status PNS. Meski begitu, ada beberapa alasan kuat kenapa banyak orang di Indonesia masih tetap ingin menjadi seorang PNS. Berikut ulasannya :

1.Tunjangan yang Menjanjikan

Gaji seorang PNS memang terbilang kecil jika dibandingankan dengan karyawan swasta. Namun tunjangan yang didapatkan oleh PNS tidak bisa dipandang sebelah mata. Banyak tunjangan yang disediakan oleh pemerintah bagi PNS seperti tunjangan fungsional, tunjangan anak istri, sertifikasi guru, gaji ke-13, dan yang baru-baru ini kabarnya para PNS akan mendapatkan THR mulai tahun 2016.

2.Jam Kerja yang Santai

Bagaimana bisa jam kerjanya santai? Mungkin anda akan bertanya-tanya tentang hal ini. Cobalah anda survei dengan melihat suasana lingkungan kerja di kantor-kantor pemerintahan. Jika anda masih tidak percaya, coba anda survei melalui anak yang magang disana, biasanya anak SMK, anak kuliah yang tugas lapangan dan lainnya. Banyak dari mereka yang mengatakan bahwa PNS kerjanya santai, sehingga mereka juga ingin menjadi PNS.

3.Tidak Perlu Memikirkan Masa Tua

Hal inilah yang sangat disukai bagi mereka yang berprofesi sebagai PNS. Sebagai abdi negara, PNS akan tetap mendapat gaji layaknya orang yang bekerja saat mereka pensiun. Mereka tidak perlu memikirkan penghasilan masa tuanya. Dengan uang pensiunan tersebut, PNS tetap bisa hidup layak dan juga bisa menggunakannya sebagai modal untuk berwirausaha.

4.Persentase PHK yang Super Kecil

Bagi anda yang bekerja di suatu perusahaan, PHK merupakan momok besar yang selalu menghantui, apalagi jika perusahaan tersebut ada rencana perampingan, pailit dan lainnya. Namun ini tidak berlaku bagi PNS, mereka dilindungi oleh undang-undang kepegawaian, peraturan pemerintah, peraturan menteri, peraturan bupati dan aturan lainnya. Jika seorang PNS melakukan kesalahan, biasanya hanya akan dimutasi atau dipindah lokasi kerjanya. PHK akan dilakukan jika PNS tersebut melakukan kesalahan yang “sangat” fatal seperti melanggar undang-undang dan ini biasanya sangat jarang terjadi.

5.Kenaikan Gaji Secara Berkala

Seperti pada poin pertama tadi, gaji PNS memanglah tidak terlalu besar. Namun untuk kenaikan gaji akan selalu naik secara berkala setiap tahunnya. Belum lagi jika seorang PNS naik pangkat, naik golongan, eselon juga naik, otomatis gajinya akan naik juga secara signifikan.

6.Tidak Ada Target

Jika anda bekerja di suatu perusahaan, anda akan selalu di tuntut untuk mencapai suatu target, apalagi jika anda bekerja dalam divisi pemasaran (marketing). Namun lain halnya jika anda menjadi PNS, anda tidak akan mengalami stress untuk mencapai target.

7.Punya Libur dan Cuti yang Banyak

Banyak orang ingin menjadi PNS, khususnya ingin menjadi guru karena ingin memiliki libur dan cuti yang banyak. Tanggal merah di kalender, hari sabtu dan minggu, libur sebelum ujian semester, libur setelah ujian semester, belum lagi cuti lainnya. Banyak bukan liburnya?

8.Bisa KPR

Setiap PNS tentu mempunyai sebuah SK diangkatnya mereka sebagai PNS. SK tersebut tentu harus di jaga dengan baik. Namun ada fungsi lain dari SK PNS tersebut, yaitu sebagai jaminan untuk mengajukan KPR (Kredit Pemilikan Rumah).

9.Berpotensi Mendapatkan Rumah dan Kendaraan Dinas

Untuk fasilitas yang satu ini, biasanya hanya didapatkan bagi mereka yang sudah senior atau memiliki jabatan di suatu instansi pemerintahan.

10.Menantu Idaman

Meski gajinya terbilang kecil, jangan salah. Status sosial PNS saat ini masih menjadi primadona bagi masyarakat. Sebagian besar, khususnya di masyarakat pedesaan masih menganggap PNS sebagai profesi yang bergengsi. Para orang tua yang biasanya mencari mantu untuk pendamping anaknya akan menyeleksinya berdasarkan hal tersebut.

Related Posts