Pengin Wisata Ke Danau??? Hati2, Hindari 5 Danau Indah Yang Sangat Mematikan dan Berbahaya

shares

Danau Karachay

Sama halnya dengan pantai, danau juga bisa menjadi tempat yang menyenangkan bagi para wisatawan lokal dan asing. Namun, ada beberapa danau di dunia ini yang sangat indah tetapi sangat berbahaya bagi keselamatan jiwa seseorang.

Sekilas dilihat danau-danau ini memang sangat indah dengan pemandangannya yang menggoda. Namun setelah mengetahui betapa bahayanya danau-danau ini, sepertinya Anda tidak akan mau berenang di sana. Seperti dikutip Wow Menariknya, berikut danau-danau yang sangat indah namun sangat berbahaya.

5. Danau Horseshoe


Terletak di Taman Nasional Lassen Volcanic, California, Amerika Serikat, Danau Horseshoe mendapat julukan yang mengerikan yakni 'si pembunuh diam-diam'

Dikatakan demikian karena danau itu mengandung karbon dioksida yang berasal dari magma dingin yang mengalir ke permukaan bumi lewat ruang bahwa tanah. Karena air danau itu mengandung karbon dioksida dalam jumlah yang sangat tinggi, pohon-pohon yang ada di tepian danau tersebut mulai menciut dan mati.

Pada tahun 2006, tiga orang wisatawan yang tengah kemping di sebuah goa tak jauh dari danau meninggal karena terlalu keracunan karbon dioksida.

4. Danau Karachay


Melihat Danau Karachay yang terletak di Pegunungan Ural, Rusia barat, mungkin setiap orang akan terkagum-kagum akan pesona keindahan alamnya yang sangat indah. Namun sayang danau indah itu sangat beracun karena megandung radioaktif.

Tak lain orang yang mengubah keindahan danau itu menjadi sangat mematikan akibat ulah manusia sendiri. Dalam sebuah proyek rahasia, pemerintah Rusia menggunakan lokasi danau tersebut sebagai tempat pembuangan limbah radioaktif.

Hanya dalam waktu 1 jam, radioaktif itu dapat membunuh siapa saja yang berada di sekitar danau. Bahkan pada musim kering yang melanda pada tahun 1961, angin membawa debu beracun yang berasal dari danau tersebut dan membuat sekitar 500.000 orang kena radiasi.

3. Danau Kivu


Sama halnya dengan Danau Horseshoe, Danau Kivu juga mengandung karbon dioksida yang sewaktu-waktu bisa meledak. Zat berbahaya itu diproduksi oleh bakter-bakteri yang ada di dasar danau.

Sebenarnya danau yang terletak di perbatasan antara Republik Demokratik Kongo dengan Rwanda, di Afrika Tengah ini adalah kumpulan dari danau-danau air tawar kecil. Bila aktivitas volkano bereaksi dengan gas-gas berbahaya yang ada di danau ini, maka bisa saja terjadi sebuah ledakan yang biasa mengancam keselamatan orang yang ada di sekitar danau.

2. Danau Mono


Danau Mono adalah sebuah danau garam di California yang sudah terbentuk ribuan tahun yang lalu. Awalnya danau ini sehat-sehat saja dan normal, sampai pada tahun 1941 Kota Los Angeles mengambil banyak air danau itu untuk memenehui kebutuhan kota, sehingga setengah volume air Danau Mono berkurang sedangkan kandungan garamnya meningkat.

Akibatnya kandungan garam dalam danau itu jadi beracun karena tercampur zat karbonat, klorida dan sulfat. Kini tak ada lagi ikan-ikan yang hidup hanya ada udang kecil dan lalat garam.

1. Danau Monoun


Sejenak melihat air Danau Monoun yang terletak di Lapangan Vulkanik Oku, Kamerun ini memang terlihat biasa-biasa saja. Tapi sebenarnya air danau ini sangat beracun karena mengandung karbon dioksida.

Pada 15 Agustus 1984, sebuah letusan limnik terjadi di danau ini yang mengakibatkan pelepasan sejumlah besar karbon dioksida yang menewaskan 37 orang. Dua belas orang dari total korban tewas dipercaya meninggal setelah mereka keluar dari mobil truk. Mereka keracunan akibat karbon dioksida.

Related Posts