Yuk, Daftar SNMPTN 2016!

shares

Yuk, Daftar SNMPTN 2016!

Mulai hari ini, siswa SMA/sederajat bisa mulai mendaftar Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2016. Para calon peserta, tentu saja, sebelumnya harus sudah menjalani proses pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) dengan lengkap dan memverifikasinya.

Pendaftaran SNMPTN dilakukan secara online melalui laman www.snmptn.ac.id. Nantinya peserta akan melakukan login dengan menggunakan nomor induk siswa nasional (NISN) dan password yang telah diberikan kepada kepala sekolah usai verifikasi PDSS.

Proses pendaftaran SNMPTN akan berlangsung hingga 12 Maret 2016. Karena itu, para peserta diimbau tidak melakukan pendaftaran di detik-detik jelang penutupan untuk menghindari gangguan teknis. Adapun bagi pendaftar yang mengalami kesulitan akses internet dapat melakukan pendaftaran di Plasma Telkom terdekat yang merupakan mitra dari panitia SNMPTN.

Setelah berhasil masuk, pendaftar akan mengisi data pribadi dan memilih perguruan tinggi negeri (PTN) serta program studi. Mereka bisa memilih sebanyak-banyaknya dua PTN. Syaratnya, salah satu kampus yang dipilih harus berada di provinsi yang sama dengan SMA pendaftar. Namun bagi yang memilih satu PTN saja diperkenankan mendaftar di seluruh kampus peserta SNMPTN 2016.

Sebagai bahan pertimbangan, sebelum memilih PTN, pendaftar bisa melihat daftar program studi dan daya tampung SNMPTN 2016 di laman yang sama. Tahun ini terdapat 78 PTN yang menjadi peserta SNMPTN. Perlu diperhatikan, urutan pilihan PTN dan program studi menyatakan prioritas pilihan pendaftar.

Setelah masa pendaftaran berakhir, peserta SNMPTN 2016 wajib mencetak kartu tanda peserta dalam jangka waktu 22 Maret sampai 21 April. Sedangkan proses seleksi berlangsung sampai 8 Mei. Pengumuman peserta yang lulus akan dilaksanakan pada 10 Mei.

Related Posts