3 Orang Utan Terpanggang di Hutan Bontang Jadi Sorotan Dunia

shares |

3 Orang Utan Terpanggang di Hutan Bontang Jadi Sorotan Dunia

Tiga bangkai orang utan betina yang ditemukan hangus di bekas kebakaran lahan, 21 Februari lalu, mendapat perhatian dunia. Lokasi penemuan tiga orang utan itu sekitar 200 meter dari Jalan Arif Rahman Hakim, RT 41 Gang Makmur, Kelurahan Belimbing, Kecamatan Bontang Barat, Bontang, Kalimantan Timur.

Direktur Center Protection for Orangutan (COP), Ramadhani mengatakan, isu orang utan mati terbakar itu menjadi konsumsi media internasional. Media dailymail.co.uk, misalnya, ikut mengangkat isu tewasnya orang utan itu.

Media asing itu memberitakan tiga orang utan betina tewas dalam kebakaran lahan di dekat hutan lindung. Judulnya: “Three female orangutans have died in a land fire near a protected forest in Indonesia amid claims the blaze was started deliberately”.

Dari penelusuran Bontang Post (Jawa Pos Group), artikel itu di-share sebanyak 6.900 kali, dan mendapatkan komentar 177 kali hingga Rabu (2/3) pukul 23.30 Wita. “Kasus tewasnya orang utan itu memang menjadi konsumsi media internasional,” katanya.

Media berbasis di Inggris tersebut juga menampilkan sembilan foto tragis bangkai orang utan. Uniknya, foto-foto yang dipajang merupakan karya fotografer Bontang Post, Fahmi Fajri.

“Kebetulan dari COP Kaltim sempat meminta foto untuk dokumentasi, ternyata di-share ke media internasional,” kata Fahmi, yang baru beberapa bulan menjadi fotografer koran terbesar di Kota Taman itu.//jpnn//

Related Posts