Yang Kurang Harmonis Dengan Mertua, Silahkan Coba 5 Tips Jalin Pertemanan dengan Ibu Mertua

shares

Tips Jalin Pertemanan dengan Ibu Mertua

Punya ibu mertua yang kurang bisa diajak berteman? Mungkin keberuntungan sedikit melenceng dari dirimu, Ladies. Tidak semua ibu mertua itu bisa dijadikan teman. Sometimes, kalau ia punya kepribadian yang jaim, akan sangat sulit untuk menaklukkannya.
Berikut adalah tips untuk menghadapi ibu mertua yang kurang menyenangkan. Simak ya.

1. Berusaha Memahaminya
Mungkin tidak ada yang salah dengan diri. Semua syarat untuk menjadi menantu yang baik sudah dimiliki. Cantik, bisa memasak, rajin beribadah, dan selalu menjaga kebersihan rumah. Namun yang namanya mertua, pasti ada saja satu dua hal yang membuatmu selalu salah di matanya. Well, bisa jadi itu adalah karakter dirinya.
2. Iyakan Saja
Ada kalanya yang muda yang mengalah. Jangan pernah menabuh genderang perang dengan mertua karena memaksakan perbedaan pendapat. Bisa-bisa rumah tanggamu menjadi taruhannya. Hindarilah untuk menyulut api permusuhan dengan ibu mertua. Bagaimana pun ia adalah sosok yang harus dihormati dan kalau mau mengakui, memang punya pengalaman lebih banyak darimu.

3. Berusaha Menjadikannya Teman
Satu dua hadiah untuk mencairkan suasana mungkin tidak akan salah. Namun jangan mengandalkan hadiah saja. Coba dekatkan diri dengan ibu mertua. Ajaklah ia jalan-jalan untuk berbelanja, ke mal, salon, atau spa, hanya berdua, tanpa ada anggota keluarga lain. Siapa tahu bisa menemukan celah untuk menjadikan ibu mertua sebagai seorang sahabat.

4. Jangan Ambil Hati
Bersabarlah dan tenangkan diri ketika seorang ibu mertua mulai mengatakan hal-hal yang kurang menyenangkan terhadapmu. Walaupun tahu bahwa hal itu tidak sepenuhnya benar, tidak ada artinya juga melawan habis-habisan. Lebih baik fokuskan diri untuk mengurusi pasangan dan anak-anak.

5. Bicarakan Dengan Pasangan
Bila tinggal serumah dan ibu mertua seakan tidak punya kompromi, mungkin sudah saatnya untuk membicarakan sebuah rumah untuk keluargamu sendiri. Bicarakan dengan sebaik-baiknya dan setujui apa pun keputusan dari pasangan. Bila ternyata ia meminta untuk tetap tinggal bersama ibu mertua, mulailah atur siasat untuk menghindari konflik dan selalu menghormatinya, bagaimana pun sikapnya.
Setiap permasalahan pasti memiliki jalan keluar. Teruslah berupaya agar bisa menjadikan ibu mertua sebagai sahabat. Mungkin perlu waktu, tapi selama bumi belum berhenti berputar, kenapa tidak mencobanya, Ladies?
Sumber : www.molto.co.id

Related Posts