Pertimbangan Membagi Waktu Antara Usaha Sampingan dan Pekerjaan

shares |

Pertimbangan Membagi Waktu Antara Usaha Sampingan dan Pekerjaan

Apakah Anda saat ini merupakan seorang karyawan kantor yang juga mempunyai bisnis sampingan? Atau mungkin sebaliknya, apakah Anda merupakan seorang wiraswasta yang memanfaatkan waktu luang sambil bekerja kantoran? Terlepas dari kondisi Anda, saat ini sudah ada banyak orang di Indonesia yang juga merangkap kerja full time dan menjalankan usaha sendiri.

Salah satu penyebab trend ini adalah kemajuan teknologi yang berkembang dengan pesat. Apapun alasannya, mempunyai 2 jenis pekerjaan pasti memerlukan manajemen waktu yang baik. Jika Anda sampai ceroboh, hal ini dapat menyebabkan salah satu pekerjaan menjadi terbengkalai atau bahkan tidak berjalan sama sekali.

Bahkan kemungkinan yang paling buruk adalah baik pekerjaan sampingan maupun pekerjaan utama menjadi tidak ada yang berjalan mulus. Nah supaya bisnis dan pekerjaan yang Anda lakukan tidak sampai terbengkalai, cobalah untuk menyimak beberapa cara jitu berikut ini untuk membagi waktu di antara berbisnis dan bekerja sekaligus.

Mempersiapkan Tingkat Kedisiplinan Pribadi Dengan Tinggi

Salah satu hal penting yang perlu Anda lakukan adalah membiasakan diri pribadi untuk bersikap disiplin. Cobalah untuk selalu mempertahankan kredibilitas dan performa Anda baik terhadap klien dalam bisnis maupun atasan di tempat kerja.

Melatih mental disiplin dapat membuat Anda semakin siap untuk menerima tantangan pada dua pekerjaan tersebut sekaligus menyiapkan diri untuk lebih baik dalam membagi waktu.

Pisahkan dan Kelola Keuangan Anda Dengan Baik

Pengelolaan keuangan yang dipisah – pisahkan antara bisnis dan pekerjaan kantor juga menjadi kunci penting agar Anda dapat sukses bekerja sambil menjalankan bisnis. Tentu Anda perlu mengetahui berapakah sumber penghasilan bersih yang Anda peroleh dari bisnis, terpisah dari penghasilan dan gaji yang didapat dari pekerjaan kantor.

Hal tersebut sangat bermanfaat untuk membantu Anda dalam menganalisis kinerja usaha Anda. Selain itu hal ini juga dapat memudahkan Anda dalam menetapkan strategi yang tepat untuk menabung. Dengan pengaturan keuangan yang baik, Anda juga akan semakin mudah menentukan target keuntungan yang akan didapatkan dari bisnis sampingan Anda.

Usaha sampingan saat ini tersedia dalam ragam pilihan yang sangat banyak mulai dari kuliner, fashion, hingga penawaran jasa. Untuk meningkatkan peluang kesuksesan dari bisnis tersebut, Anda sebaiknya memilih jenis bisnis yang sesuai dengan potensi dan minat pribadi Anda.

Sebagai contoh Anda menyukai dunia kuliner dan gemar memasak. Maka Anda dapat membuka usaha sampingan berupa catering atau bakery. Sementara itu jika Anda mahir dalam membuat aksesoris, Anda dapat menjual aksesoris buatan sendiri tersebut dan memasarkannya secara online. Sedangkan bagi Anda yang memiliki kemampuan di bidang tertentu seperti bermusik atau berprofesi sebagai guru, Anda dapat membuka usaha sampingan berupa les privat.

Kemajuan internet saat ini dan maraknya penggunaan media sosial untuk promosi tentunya memudahkan para pelaku usaha untuk mempromosikan barang atau jasa yang dijual. Hal ini juga dapat dilakukan untuk bisnis sampingan.

Related Posts