4 Cara Hentikan Kebiasaan Tidur Ngorok

shares |

4 Cara Hentikan Kebiasaan Tidur Ngorok

Bagi sebagian orang, mendengkur saat tidur alias Ngorok dianggap sebagai kebiasaan lumrah, terutama jika seseorang sedang kelelahan.

Padahal, kebiasaan tersebut bisa menjadi sinyal adanya gangguan kesehatan yang jika dibiarkan dapat berakibat fatal.

Mendengkur, di satu sisi juga mengganggu orang yang tidur di dekat kita. Anda dapat berupaya mengurangi kebiasaan tersebut dengan empat cara berikut ini.

1. Ganti posisi tidur

Jika mendengkur terus terjadi setiap malam, ada baiknya mengganti posisi tidur. Tidur dengan posisi menyamping lebih jarang menimbulkan dengkuran dibandingkan tidur dengan posisi tengkurap atau berbaring.

2. Minum air putih

Sering mendengkur juga bisa terjadi karena Anda mengalami dehidrasi. Minum cukup air agar tubuh tetap terhidrasi. Minum air sebelum tidur juga baik untuk menghindari rasa tidak nyaman karena tenggorokan kering.

3. Mengganti gaya hidup

Meski berbeda pada setiap orang, mendengkur biasanya terjadi pada orang yang mengalami kelebihan berat badan atau memiliki terlalu banyak lemak tubuh. Kondisi ini membuat jalur napas mereka terhambat saat tidur.

4. Jangan makan terlalu malam

Hindari makan beberapa saat sebelum tidur, terutama makanan yang dingin dan produk susu. Dua makanan ini bisa memicu banyak lendir yang akan menutup jalur pernapasan selama tidur.

Related Posts