Taman Tebing Breksi, Lokasi Bekas Tambang Yang Mempesona ( Wajib Selfie )

shares |

Taman Tebing Breksi
Foto : Jaladipa Trans Tour Facebook

Tebing Breksi mungkin salah satu tempat wisata di Yogyakarta yang belum dikenal banyak wisatawan. Tebing Breksi terletak di perbatasan kabupaten Klaten dan DI Yogyakarta, tepatnya di dusun Groyokan, Kelurahan Sambirejo, Prambanan, Sleman. Posisinya sekitar 1 kilometer dari Candi Ijo, Prambanan.

Tebing Breksi merupakan bekas tambang yang unik lengkap dengan panorama yang menarik. Bekas tambang itu kemudian atas kerjasama warga dan pemda Yogyakarta disulap jadi taman wisata. Pemerintah DI Yogykarta kemudian menggunakan Tebing Breksi sebagai tempat jambora Pramuka.

Kekhasan Tebing Breksi ternyata menyimpan pelbagai jenis batu hasil endapan abu vulkanik dari sebuah gunung berapi purba. Nama gunung itu adalah Nglanggeran Gunung Kidul. Bentuk tebing yang berjajar dengan beragam warna akibat pantulan sinar matahari membuat Tebing Breksi layak jadi destinasi wisata alam yang menawan.

Foto : https://www.instagram.com/p/BCiVjzHmcQD/

Apalagi sekarang bekas tambang disekitar Tebing Breksi sudah disulap jadi panggung pentas permanen dengan konsep tempat duduk melingkar. Tak sampai disu saja, pemandangan akan terlihat elok setelah petang tiba. Yakni dengan sorot lampu yang berada disekitar panggung yang mengarah pada tebing, Sehingga menghasilkan panorama yang luar biasa indah dan membuat suasana panggung menjadi lebih megah.

Tebing Breksi sendiri masuk dalam cakupan kawasan wisata heritage Candi Ijo. Untuk bisa kesana, wisatawan dapat menempuh rute Prambanan-Piyungan. Sesampainya di traffic light Pasar Prambanan (jalan raya Solo – Yogya) belok ke selatan menuju Piyungan atau Wonosari. Sekitar 3 kilometer kemudian lihat penunjuk jalan menuju Candi Ijo. Ikutilah jalan tersebut.

Foto : instagram  from @cahyo_uw

Related Posts