#TaukahKamu : 10 Kebiasaan Penyebab Pria Jadi Mandul

shares |


Ini Kebiasaan Penyebab Pria Jadi Mandul – Walaupun belum semua gangguan kesuburan ataupun infertilitas telah diketahui penyebabnya, namun ada faktor-faktor yang ternyata bisa mengganggu dan menurunkan kesuburan pria, contohnya penyakit, lingkungan, penggunaan obat-obatan hingga gangguan pada organ reproduksi.

Kebiasaan-kebiasaan tertentu juga ternyata bisa menurunkan kualitas serta jumlah sperma. Seperti bersepeda yang bisa menekan testis, bagian tubuh yang menghasilkan sperma. Tekanan di area penis pun dapat mengakibatkan mati rasa serta menurunkan kekuatan ereksi.

Inilah hal-hal yang dapat merusak kesuburan pria hingga menyebabkan kemandulan.


1. Obat-obatan terlarang
Orang yang kecanduan dengan obat-obatan terlarang seperti ganja lebih besar kemungkinannya untuk mengalami disfungsi ereksi serta menurunnya jumlah dan kualitas sperma.

2. Celana dalam ketat
Menggunakan celana dalam yang ketat dapat membuat testis panas sehingga dapat mempengaruhi kesuburan dan jumlah sperma.

3. Konsumsi alkohol
Alkohol dapat menurunkan produksi testosteron sehingga dapat menurunkan jumlah sperma.

4. Radiasi telepon genggam
Pria biasanya kerap menyimpan telepon genggamnya di kantong celana. Sebenarnya radiasi dan dampak buruk telepon genggam akan berpengaruh pada testis sehingga secara bertahap dapat menyebabkan ketidaksuburan serta infertilisasi.

5. Mandi air panas
Mandi air panas faktanya dapat menyebabkan ketidaksuburan. Hal ini dikarenakan air panas yang mengenai testis dapat membuat sperma rusak. Penelitian membuktikan bahwa sering duduk di sauna juga mengakibatkan dampak yang sama.

6. Steroid
Suntik streroid merupakan satu dari beberapa pemicu ketidaksuburan yang tidak disangka.

7. Gadget
Kebiasaan memangku gadget terutama laptop dalam waktu lama dapat berdampak buruk pada kesuburan pria. Gadget yang dipangku akan memberikan rasa panas pada testis sehingga dapat merusak sperma.

8. Stres
Beberapa ahli reproduksi mengungkapkan stress merupakan faktor pemicu gangguan kesuburan. Bahkan stres bisa menyebabkan disfungsi ereksi.

9. Obesitas
Perhatikanlah berat badan. Secara keselurihan tidak cuma berdampak buruk bagi kesehatan tetapi obesitas juga bisa memengaruhi kesuburan pria. Kelebihan berat badan mengakibatkan perubahan hormon yang abnormal sehingga mengakibatkan ketidaksuburan.

10. Merokok

Merokok merupakan kebiasaan buruk yang menyebabkan kemandulan. Rokok yang mengandung nikotin serta tembakau mampu mengurangi jumlah sperma dan merusak kualitasnya.

Related Posts