Kunjungi Dan Saksikan!! Pesta Laut Bontang Kuala , 22 - 26 November 2016

shares

Pesta Laut Bontang Kuala , 22 - 26 November 2016
Tidak lama lagi pagelaran budaya tahunan "Pesta Laut" akan digelar. Pagelaran yang tidak terlepas dari kegiatan adat dan pelestarian budaya masyarakat Bontang ini akan digelar pada tanggal 22-26 November 2016 di Kampung Wisata Bontang Kuala. Akan ada rangkaian acara yang digelar sebelum pembukaan, salah satunya berupa Festival Dangdut.
"Acara akan mulai tanggal 22 sampai 26 Nopember 2016 di Kampung Wisata Bontang Kuala. Ada rangkaian acara yang digelar sebelum pembukaan, berupa Festival dangdut dengan peserta terbuka untuk seluruh masyarakat kota Bontang," ujar Said Diana, Ketua Panitia Pesta Laut, yang ditemui Bontang TIMES hari ini, Jumat (04/11/2016).
 
Sekretaris panitia pelaksana, Catur Ramadhan Monamas Saputra, pun menjelaskan, "Bahwa pelaksanaan pesta laut tidak terlepas dari pelestarian kearifan budaya, yang menitikberatkan acara adat setempat. Tujuan kegiatan ini selain pelestarian adat budaya, juga akan digelar event-event tradisional yang dapat menjadi objek wisata".
Acara tahunan ini di dukung oleh Pemerintah Kota Bontang melalui Dinas Pariwisata yang digarap oleh Masyarakat Bontang Kuala sendiri.
"Kucuran dana pemerintah melalui Dinas Pariwisata cukup membantu kami dalam mensukseskan kegiatan ini, walau terjun bebas dari Anggaran sebelumnya kami tetap bersyukur dan mengucapkan terima kasih karena sudah dibantu," tambah Catur biasa dipanggil, yang juga Ketua Pemuda Bontang Kuala.
Halimah, Bendahara panitia, menambahkan, "Kami sebagai panitia mencoba untuk lebih efisien dalam penggunaan anggaran, serta memberikan kesempatan kepada semua pihak untuk menjadi donatur dan sponsor agar terselenggaranya kegiatan pesta laut nanti".
Seperti tahun sebelumnya, Pesta Laut Bontang Kuala akan berisi kegiatan adat seperti Bebalai, Ance, Pagar Mayang, Samper, Menjamu Karang, serta bermacam kegiatan lainnya.
Pesta Adat ini merupakan khasanah budaya turun temurun dalam Adat Kutai yang selalu dilakukan masyarakat Bontang Kuala.(*)
Sumber : Bontang Times
 

Related Posts