Wisata Pulau Gusung Bontang

Terletak di sebelah utara Kota Bontang berjarak ± 6 mil laut, dapat ditempuh dengan menggunakan speed boat selama 20-25 menit, carteran speed boat dapat ditemukan di Pelabuhan Loktuan, Pelabuhan Tanjung Limau atau di Bontang Kuala.

Selama menempuh perjalanan ke Pulau Gusung wisatawan dapat menyaksikan kilang/ pabrik pengolahan Pupuk Kaltim, yang apabila dilalui pada malam hari sangat menarik, karena semarak lampu-lampu neon penerangan pabrik, hal ini merupakan salah satu daya tarik bagi pengunjung.

Pulau Gusung saait ini dihuni oleh ±300 orang kepala keluarga yang mata pencahariannya adalah sebagai nelayan tradisional, dengan aktivitas sehari-hari memancing ikan, menjaring ikan dan atau menangkap ikan dengan menggunakan alat yang namanya bubu.

Fasilitas yang terdapat di Pulau Gusung untuk kepentinganpariwisata sangat minim, di pulau itu hanya terdapat pelabuhan Tombat dengan tempat peristirahatan milik posyandu yang dapat dipergunakan oleh pengunjung untuk beristirahat sambil membakar ikan laut. Saat ini di Pulau Gusung terdapat sebuah lapangan volley pantai yang dibuat oleh LSM setempat.

Potensi, di Pulau Gusung sangat berpotensi untuk kegiatan memancing, bagi pengunjung yang mempunyai hobi memancing dipulau tersebut terdapat pulau kecil didepannya yang sering dijadikan areal pemancingan dan ikannya cukup banyak. Dan di pulau kecil ini akan dibangun pondok/ tempat pemancingan ikan oleh PKT.

Faktor pendukung, mudah dicapai dan waktu tempuh ke lokasi tersebut relative singkat speed boat carteran yang dikelola masyarakat mudah didapat di Pelabuhan Tanjung Limau dan Pelabuhan Loktuan.




Ikuti Juga :

Paket Wisata Snorkling Diving Pulau Segajah